Myoma uteri (disebut juga fibroid) adalah tumor jinak uterus (rahim) yang cukup banyak diidap wanita usia reproduktif. Keluhan yang sering muncul adalah nyeri saat haid, keluarnya darah menstruasi yang banyak dan lama, ketidaksuburan (infertilitas) dan gangguan kehamilan (keguguran dan prematur). Myoma bertumbuh seiring dengan bertambahnya usia wanita, ukuran dan letak bervariasi seperti yang terlihat di gambar.

Terapi myoma pada umumnya adalah bertujuan untuk mengurangi gejala-gejala di atas, yaitu dengan pengobatan medis (obat hormonal yang diminum , injeksi atau berbentuk IUD), atau dengan operasi pengangkatan myoma atau rahim.

Saat ini telah ada teknologi untuk melakukan pengecilan myoma uteri tanpa operasi, yaitu dengan metoda ABLASI RADIOFREKUENSI (RFA). RFA adalah suatu metoda dengan menggunakan getaran tinggi untuk melakukan pengancuran (ablasi) jaringan dengan ketapatan yang tinggi. RFA dapat diterapkan pada berbagai macam jaringan seprti tiroid, liver, paru paru dan otot termasuk myoma uteri ini yang merupakan tumor jinak otot rahim.

Pada kasus myoma uteri, maka terapi RFA dilakukan dengan menggunakan jarum melalui vagina dengan terpandu USG transvagina. Waktu terapi berkisar 15-30 menit, dan setelah terapi maka dalam waktu 3 bulan myoma akan berangsur mengecil sampai dengan 70%. Dengan mengecilnya ukuran myoma itu, maka diharapkan gejala-gejala yang timbul dapat berkurang bahkan menghilang.

Keunggulan dari metoda RFA ini adalah prosedur tanpa operasi, dilakukan dengan waktu yang singkat, dan tanpa nyeri.

Simak Artikel lainnya berdasarkan KATEGORI : 

BERITA | LITERASI | SUCCESS STORY

Perlengkapan dan alat Ablasi Radiofrequency untuk terapi tumor myoma tanpa operasi Di Indonesia, metoda pengecilan myoma dengan metoda RFA terpandu USG ini sudah dapat dilakukan di bagian Obstetri Ginekologi RSJ Prof. Dr. Soeroyo Magelang.

Penulis :

Dr. Doddy Sutanto, M.Kes SpOG, Konsultan Fertilitas dan Reproduksi; bekerja di RSJ Prof. Dr. Soeroyo Magelang, dan RSIA Gladiool Magelang.

Profil RSJ : https://rsjsoerojo.co.id/

Referensi :

Clinical Performance of Radiofrequency Ablation for Treatment of Uterine Fibroids: Systematic Review and Meta-Analysis of Prospective Studies. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7387230/