Persiapan IVF saat Menghadapi Pandemi COVID-19

Persiapan IVF saat Menghadapi Pandemi COVID-19

Salam sejahtera,

Pandemi Virus Corona yang terjadi telah membuat kondisi kehidupan kita menjadi berubah, dan banyak rencana kita yang tertunda. Tidak terkecuali program bayi tabung yang telah telah kita siapkan. Dari sisi pelayan kesehatan, kita memang dihimbau untuk menghentikan pelayanan IVF demi kepentingan menahan laju penyebaran wabah. Dari sisi pasien penundaan ini sangat penting karena menghindarkan anda (pasien) dari bepergian yang berarti meningkatkan risiko tertular dengan dampak kesehatan yang tidak bisa diperkirakan.

Bersama harapan bahwa pandemi ini akan segera berlalu, di bawah ini ada beberapa yang dapat anda lakukan (di rumah) dalam rangka program IVF yang akan kita laksanakan setelah larangan bepergian atau himbauan layanan IVF terbatas dicabut.

1. Jaga diri anda jangan sampai terkena infeksi. Kita tidak bisa tahu akibat pasti jangka pendek maupun jangka panjang dari infeksi virus ini terhadap organ reproduksi baik pria maupun wanita. Beberapa laporan menunjukkan bahwa infeksi covid-19 berdampak buruk terhadap kualitas sperma, meskipun gejala infeksi pernafasannya tidak terlalu serius. Oleh karena itu, ikutilah anjuran pemerintah dan otoritas kesehatan seperti stay at home, wash your hand frequently, social distancing, and wear mask whenever needed.

Advice on the Coronavirus

2. Jaga berat badan ideal anda. Berada di rumah saja tanpa melakukan apapun tentu saja berisiko berat badan kita bertambah. Oleh karena itu jangan lupa untuk selalu berolah raga dan menjaga pola makan agar berat badan tetap ideal (Body mass index = 20-25 kg/m^2). Untuk anda yang menderita kelebihan berat badan atau bahkan obesitas, ini adalah waktu yang tepat untuk mencanangkan target dan menjalankan misi bersama pasangan, demi keberhasilan progam hamil. Banyak sekali situs yang dapat menolong anda untuk menyusun program penurunan BB dengan olah raga dan pemilihan nutrisi yang ideal.

Sports Nutrition | Free Vectors, Stock Photos & PSD

3. Peliharalah suasana hati anda dan pasangan. Tekanan psikologis untuk selalu di rumah, penurunan aktivitas dan pekerjaan, dan berita-berita pandemi ini sungguh tidak bisa dibilang remeh. Harus ada kesadaran bahwa ini adalah sesuatu yang harus rela dihadapi bersama dengan pasangan, keluarga dan masyarakat banyak. Oleh karena itu gunakan kesempatan ini untuk melakukan kegiatan yang positif di rumah bersama pasangan, saling menjaga perasaan dan tidak terbawa oleh percakapan dan diskusi yang mengarah pada kecemasan, ketakutan atau kehilangan harapan. Lakukan hubungan seks yang teratur dengan dasar keinginan untuk bahagia bersama, tanpa harus dibebani dengan masalah fertilitas anda. Ini kesempatan anda mengulangi masa bulan madu, ketika kebersamaan anda dengan pasangan anda adalah prioritas.

This image has an empty alt attribute; its file name is young-couple-kissing-chairs_23-2148012032.jpg

Itu adalah beberapa tips yang dapat anda kerjakan dengan pasangan selama menunggu social disruption ini berlalu. Siapa tahu…. setelah anda menjaga selalu sehat dan melakukan beberapa perubahan gaya hidup yang lebih baik, maka keajaiban kehamilan dapat terjadi secara alami.

Semoga.

Dr. Doddy Sutanto, M.Kes, SpOG(K)Fer

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published.