Kepada semua pasien Gladiool IVF,

Terkait dengan perkembangan pandemi COVID-19 yang terjadi dan demi kebaikan kita bersama, maka pelayanan tindakan Bayi Tabung Gladiool IVF untuk sementara kami hentikan. Penghentian ini akan berlangsung sampai pemberitahuan berikutnya dengan melihat situasi yang berkembang. Penghentian ini hanya untuk pelayanan fertilitas dan bayi tabung, sedangkan untuk pelayanan lain di RSIA Gladiool tetap berlangsung (dengan upaya maksimal tindakan pencegahan penularan).

Latar belakang

Dunia saat ini sedang menghadapi pandemi (wabah global) baru yang disebut COVID-19 (Coronavirus disease 2019), yaitu penyakit infeksi yang meluas sangat cepat dalam komunitas, memiliki tingkat penularan tinggi dan dapat dapat bertahan hidup lama. Banyak individu yang terinfeksi dan menular tapi bergejala ringan, termasuk demam, bahkan terkadang tanpa gejala sama sekali.

Penyebaran virus ini sangat cepat dan laju infeksi bersifat exponensial. Transmisi primer dipercaya melalui droplet pernafasan dari batuk atau bersin, dan menular langsung sampai jarak sekitar 2 meter. Periode inkubasi (tanpa gejala) virus ini 3 sampai 7 hari tapi bisa sampai 2 minggu dari infeksi sampai bergejala.

Sekitar 80% pasien mengalami demam, dan gejala ringan (non-pneumonia dan pneumonia ringan). Sekitar 14 % mengalami hal yang lebih parah (sesak nafas, nafas cepat, oksigen darah menurun, dan pernanahan pada paru). Pada 5% kasus akan mengalami hal yang kritis ( gagal nafas, syok septik dan kegagalan multipel organ.

Sampai saat ini belum ada terapi khusus untuk COVID-19 dan vaksin sedang diupayakan pembuatannya oleh para dokter dan peneliti dari seluruh dunia.

Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan di rumah untuk dapat melawan penyakit ini dan memperlambat penyebarannya, yaitu :

1.Menghindari kegiatan di luar rumah, dan menghindari berkerumun.

2.Hindari kontak langsung dengan orang yang sakit (batuk pilek atau demam).

3.Jagalah jarak anda dengan orang lain ketika berinteraksi.

4.Selalu mencuci tangan teratur.

5.Jaga kesehatan dengan olah raga dan istirahat teratur, serta nutrisi yang cukup.

6.Bila anda batuk atau bersin, tutuplah hidung dan mulut dengan lengan anda.

7.Bila anda merasa sakit ringan, tahap pertama isolasi diri, bila memberat segeralah ke dokter.

Saya sangat berharap situasi ini dapat segera berakhir dan keadaan menjadi normal kembali.

Salam,

Dr.Doddy Sutanto, M.Kes, SpOG(K)Fer