Success Rate, GIVF 2018

Success Rate, GIVF 2018

Pembaca  yang berbahagia,

Setiap tahun, setiap klinik bayi di Indonesia diwajibkan melaporkan kinerja masing-masing ke organisasi klinik dan praktisi bayi tabung Perfitri (Perhimpunan Fertilisasi Invitro Indonesia), tidak terkecuali klinik bayi tabung Gladiool IVF yang telah melaporkan secara rutin sejak 2012.

Pada tahun ini kami dengan bangga melaporkan hasil kinerja tahun 2018, yang di dalamnya tertuang data, yang ingin kami bagikan kepada anda.

40%

Sepanjang tahun 2018, kami mendapatkan keberhasilan (success rate) untuk seluruh kelompok umur sebesar 29%.  Success rate tertinggi di peroleh dari kelompok umur kurang dari  35 tahun, yaitu sebesar 40% per embryo transfer.

Bila kita menggunakan batasan di bawah 37 tahun maka angka menjadi lebih rendah yaitu 36%, dan bila di bawah 40 tahun,  angka keberhasilan semakin menurun menjadi 31%.

Kehamilan tersebut dihitung dengan mengikutsertakan semua jenis stimulasi ovarium (siklus natural, clomifen sitrat, kombinasi dan protokol antagonis), seperti yang ada pada protokol di GIVF.  Fertilisasi sebagian besar dilakukan secara konvensional (non ICSI) dan fresh embryo transfer pada hari ke 2 sampai 5 perkembangan.

Hasil tersebut tidak berbeda dengan evidence base selama ini kita ketahui bersama, bahwa usia istri sangat menentukan keberhasilan program infertilitas termasuk IVF.   Semakin tinggi usia, kemungkinan terjadinya keberhasilan akan semakin rendah, dan penurunan drastis sudah dimulai sejak usia 35 tahun. Fenomena ini sangat berkaitan dengan kualitas oosit (keutuhan kromosom di dalam inti sel telur) yang semakin menurun dengan bertambahnya usia.

sr maternal

Data diperoleh dari CDC, USA, 2008 (https://www.researchgate.net/figure/ART-success-rates-in-the-United-States-2008-CDC-report-9-Over-the-age-of-35-years_fig1_233483487)

Kesimpulan yang kita dapatkan : Bila anda dan pasangan anda memerlukan penanganan bayi tabung, janganlah membuang waktu, karena waktu berjalan terus, demikian pula jam biologis anda. Kami akan selalu siap kapan anda membutuhkan pelayanan,  namun telur anda tidak dapat menunggu lama.

Bila anda membutuhkan keterangan lebih lanjut mengenai persiapan bayi tabung, silakan klik tautan ini : Persiapan bayi tabung di GIVF, atau silakan hubungi kami di telepon  0293 367800.

Salam,

Team GIVF, Januari 2019